Peranan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sekelurahan Siborongborong Tahun Ajaran 2020/2021
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah SD Negeri Sekelurahan Siborongborong dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021. (2) Bagaimana Peran Komite Sekolah SD Negeri Sekelurahan Siborongborong dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif. Jumlah informan adalah 10 (sepuluh) orang, yang terdiri dari 5 orang Kepala sekolah dan 5 orang Komite sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri sekelurahan Siborongborong pada masa pandemi, sebagai (a) sebagai Educator, (b) sebagar Manajer, (c) sebagai Supervisor, (d) sebagai Administrator, (e) sebagai Innovator. (f) sebagai Leader, dan (g) sebagai Motivator. (2) Komite sekolah berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri sekelurahan Siborongborong pada masa pandemi, sebagai (a) sebagai pemberi Pertimbangan (Advisory Agency), (b) sebagai badan Pendukung (Supporting Agency), (c) sebagai badan pengontrol (Controling Agency), (d) sebagai badan mediator (Executive Agency).
Article Details
Section
Articles
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah SD Negeri Sekelurahan Siborongborong dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021. (2) Bagaimana Peran Komite Sekolah SD Negeri Sekelurahan Siborongborong dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif. Jumlah informan adalah 10 (sepuluh) orang, yang terdiri dari 5 orang Kepala sekolah dan 5 orang Komite sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri sekelurahan Siborongborong pada masa pandemi, sebagai (a) sebagai Educator, (b) sebagar Manajer, (c) sebagai Supervisor, (d) sebagai Administrator, (e) sebagai Innovator. (f) sebagai Leader, dan (g) sebagai Motivator. (2) Komite sekolah berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri sekelurahan Siborongborong pada masa pandemi, sebagai (a) sebagai pemberi Pertimbangan (Advisory Agency), (b) sebagai badan Pendukung (Supporting Agency), (c) sebagai badan pengontrol (Controling Agency), (d) sebagai badan mediator (Executive Agency).