Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru di SD Negeri 173395 Doloksanggul
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru SD Negeri 173395 Doloksanggul Tahun Pembelajaran 2022 adalah 30 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 30 orang yaitu seluruh populasi. Data dikumpulkan dengan angket tertutup positif sebanyak 39 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap profesionalitas guru SD Negeri 173395 Doloksanggul Tahun pembelajaran 2022: 1) Uji persyaratan analisis: a) uji hubungan yang positif diperoleh nilai rxy = 0,699 > rtabel(a=0,05,n=30) = 0,361 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. b) Uji hubungan yang signifikan diperoleh nilai thitung= 5,168 > ttabel(a=0,05,dk=n-2=28)=2,048 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, diperoleh persamaan regresi . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 48,80 %.) Uji hipotesis dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 26,708 > 4,17 Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.
Article Details
Section
Articles
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru SD Negeri 173395 Doloksanggul Tahun Pembelajaran 2022 adalah 30 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 30 orang yaitu seluruh populasi. Data dikumpulkan dengan angket tertutup positif sebanyak 39 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap profesionalitas guru SD Negeri 173395 Doloksanggul Tahun pembelajaran 2022: 1) Uji persyaratan analisis: a) uji hubungan yang positif diperoleh nilai rxy = 0,699 > rtabel(a=0,05,n=30) = 0,361 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. b) Uji hubungan yang signifikan diperoleh nilai thitung= 5,168 > ttabel(a=0,05,dk=n-2=28)=2,048 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, diperoleh persamaan regresi . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 48,80 %.) Uji hipotesis dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 26,708 > 4,17 Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.